Tuesday, July 24, 2007

Kentung in Bussines

Ade gw yg cowok baru aja lulus SMA. Namanya Dodhi. Gw biasa manggil dia Kentung. Niy anak lagi jadi pengangguran, secara udah lulus SMA dan lagi nunggu pengumuman SPMB -udah daftar juga sih, di Tehniknya Trisakti-. Kerjaan sehari2nya cuma telpon2an ama pacarnya, maen basket, nganter2 nyokap or dua kaka cewenya yg cantik2. Nah, sekitar dua mingguan ini, dia lagi punya maenan baru...Jualan Pulsa.

Pertama kali tau, gw kaget bgt, secara dalam sejarah keluarga gw, ngga ada satu orang pun yg punya insting bisnis, alias ga bakat jualan. Dan sekarang, ade gw -cowo atu2nya, anak bontot, dan identik dengan image: anak kecil gendut yg enak bgt buat digoda2in dan dikata2in-, punya niatan buat berbisnis. For me, it's a little bit amazing...

Emang sih, bisnisnya cuma kecil2an bgt. Modal juga cuma seadanya. Tapi niatnya itu lho, yg bikin gw salut bgt. Gw seneng bgt ngeliat usahanya buat nyari duit sendiri (satu hal yg ngga pernah ada dalam pikiran gw zaman sekolah dulu).

Di hari2 pertama perputaran roda bisnisnya (halah), kentung masih malu2 bgt. Keliatan bgt kalo dia malu dan takut buat nawar2in produknya ke org. Padahal kan, dia ga punya counter, alias barang dagangannya sama sekali tak kasat mata. Kalo dia ngga mo aktif memposisikan diri sebagai seorang pedagang (pulsa), mana ada orang yg tau kalo dia tuh jualan.

Tapi seudah gw ajak ngobrol (sebenernya siy, nyerewetin dan nyeramahin), kentung jadi lebih semangat dan berani. Sifat agresifnya (modal bisnis yg sangat penting, hehehe) udah mulai muncul. Positioningnya sebagai penyedia voucher pun udah mulai bagus, secara tetangga2 sekitar rumah dan temen2nya udah aware kalo tuh anak jualan pulsa, dan langsung ngontak kalo butuh pulsa.

Sampe saat ini kentung udah (atau baru, ya?) ngejual lebih dari 40 buah voucher. Untung yg didapet pun belum melebihi angka 50.000 rupiah (ini entah karena dia belinya kemahalan, ato terlalu murah ngebandrol harganya, ya?).

Eniwei, gw tetep bangga dan bakal terus nyupport dia. Gw seneng liat ade kecil gw yg punya keinginan positif untuk usaha dan ngga malu2 buat ngejalanin usahanya itu. Hal ini bikin dia keliatan dewasa dan mandiri. Gw seneng bgt ngeliatnya...I'm proud of you, bro!

***

Dibawah merupakan penggalan percakapan neng disan dengan adek cowonya yg songong, karena sering memanggil kakaknya tanpa sebutan 'mba' ato embel2 -sebutan kakak- lainnya.

neng disan: bisnis begini modalnya berapa tung?
kentung: sejuta enam ratus lima puluh ribu.
neng disan: wah, duit lo banyak juga ya tung.
kentung: yaa.. engga semuanya duit gw, san. patungan ama mama.
neng disan: emang mama ngasi berapa?
kentung: satu juta lima ratus ribu.
neng disan: terus duit lo...??
kentung: ya sisanya...seratus lima puluh ribu.
neng disan: ???? (patungan kok ngga seimbang gitu, sih...) hahahaha

No comments: